Aplikasi Excel Untuk Keuangan Koperasi

Microsoft excel merupakan salah satu alat bantu yang sangat bermanfaat untuk mengeolah data angka maupun data hitungan. Dengan alur program yang menggunakan fungsi-fungsi excel, kita dapat mengolah data keuangan koperasi menjadi laporan keuangan koperasi secara otomatis dengan langkah yang sangat mudah.

Rancangan aplikasi excel yang saya kembangkan ini, selain dapat menyusun laporan keuangan seperti neraca, laporan rugi-laba secara otomatis, juga dapat menyelesaikan catatan buku pembantu untuk simpanan anggota dan pinjaman anggota termasuk perhitungan sisa hasil usaha untuk masing-masing anggota pada akhir tahun.

Beberapa keunggulan dengan menggunakan aplikasi excel ini adalah sebagai berikut :

  1. Mudah dioperasikan (user friendly)
  2. Dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan koperasi;
  3. Laporan tersusun secara otomatis hanya dengan menjurnal;
  4. Operator cuku memamhami teknik penjurnalan untuk dapat menghasilkan laporan keuangan yang lengkap;
  5. Sesuai dengan PSAK NO. 27
  6. Biaya pembuatan relatif murah.
Contoh program aplikasinya dapat Disini dan panduan penggunaannya Disini Anda membutuhkan bantuan lebih lanjut ?, Saya siap membantu mendisain program penyusunan laporan keuangan koperasi anda dengan menggunakan aplikasi excel.

Penggunaan SUMIF dalam Excel

Fungsi sumif dalam excel merupakan fungsi logika dan agregat untuk menghitung data yang ada dalam satu area (range) dengan kriteria yang kita inginkan. Banyak hal yang dapat kita lakukan dengan menggunakan fungsi ini, contohnya jika kita memiliki sejumlah data tentang hasil penjualan sejumlah barang, dan kita ingin menghitung jumlah penjualan untuk masing-masing produk, kita dapat menggunakan fungsi sumif ini. Dalam penyusunan laporan keuangan, untuk mengelompokan nilai transaksi dari setiap account perkiraan dapat kita jumlahkan dengan menggunakan fungsi ini, serta masih banyak yang dapat kita hitung dengan menggunakan fungsi ini.


Bentuk umum fungsi ini sebagai berikut :

SUMIF(range,criteria,sum_range)

Range merupakan area cell yang memuat tentang criteria yang akan kita jumlahkan;
Criteria yang akan kita gunakan untuk dasar perhitungan, criteria ini bisa berupa teks atau angka;
Sumrange merupakan area sell yang akan dijumlahkan (data nilai yang akan dijumlahkan);

Contoh penggunaan :

Optimalisasi Fungsi Excel

Microsoft Excell, pasti kita sering gunakan untuk menunjang pekerjaan kita terutama buat mengolah data numerik maupun data-data yang lainnya, namun sayang kadang kita hanya menggunakan excel hanya untuk merekap data seperti layaknya kita menggunakan microsoft word. Namun dengan berbagai kebutuhan penglohan data yang semakin banyak turut mendorong saya untuk mencoba mengoptimalkan penggunaan aplikasi excell untuk berbagai kebutuhan pekerjaan yang saya tangani. Luar biasa.. Ternyata dengan menggunakan excel kita dapat mempermudah pekerjaan kita, dengan terus melakukan uji coba, sedikit merenung dan mencari berbagai sumber referensi, akhirnya saya dapat meningkatkan optimalisasi penggunaan excel. Beberapa aplikasi yang sudah saya susun, saya coba sajikan melalui blog ini mudah-mudahan bisa bermanfaat.